Pavita Ardhani: Sang Juara Olimpiade Matematika Dunia dari Sidoarjo


pavita ardhani di indonesiaproud wordpress comPavita Ardhani Sugiharto Putri (11) siswi SD Muhammadiyah 1 Krian, Sidoarjo, membuat prestasi spektakuler.  Ia berhasil menjuarai olimpiade internasional matematika, Wizards at Mathematics International Competition (WIZMIC) di Kota Lucknow, India.
Bocah yang punya kegemaran berhitung mata pelajaran matematika ini meraih 1 emas dan 2 perunggu dalam WIZMIC itu. Dia berjuang keras menyisihkan pesaingnya dari berbagai negara sejak  20-22 Oktober 2011 lalu.
Menurut pengakuan siswa kelas 6 SD ini, kepiawaiannya dalam mengolah dan memecahkan soal berhitung ini berawal dari hobi menghitung. Dia mengikuti pelajaran matematika di sekolahnya ibaratnya sudah menjadi makanan pokok. Matematika baginya merupakan mata pelajaran yang sangat disukai. Bahkan, mata pelajaran itu mendapat tempat istimewa di hati gadis yang selalu tampak ceria ini.
Makanya, wajar jika dia meraih prestasi luar biasa di ajang internasional. Dia sukses mengharumkan nama darah dan bangsa Indonesia. Apa komentar dia, soal prestasinya itu, terutama yang berkaitan dengan persiapan menghadapi olimpiade tersebut?
“Saya tidak ada persiapan khusus dalam perlombaan itu. Hanya saja saya rutin dan tekun untuk mengikuti bimbingan belajar dan juga berdoa supaya bisa memenangi perlombaan tersebut,”  katanya di terminal kedatangan domestik Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo, (27/10).
Ia menegaskan, “Sekali lagi, tidak ada persiapan khusus dan saya memang mencoba untuk mendalami ilmu matematika yang telah diperoleh di sekolah dan juga lebih rutin mengerjakan soal untuk persiapannya ini,” ucapnya.
Menurut siswa yang menyukai ilmu aljabar sejak kecil ini, dirinya berhasil menyabet medali emas tersebut saat bertanding dalam kelompok beregu bersama dengan tiga orang rekannya yang berasal dari Indonesia.
“Dalam soal beregu atau tim tersebut mendapatkan sepuluh soal masing-masing delapan soal dikerjakan sendiri-sendiri dan sisanya dua soal dikerjakan secara bersama-sama,” paparnya.
Anak dari pasangan Sugiharto dan Rini Puspitasari dari Desa Semambung Driyorejo, Gresik ini mengaku akan terus bekerja keras untuk terus mengerjakan soal matematika karena sejak kecil dirinya memang sudah menyukai ilmu matematika.
Juara di Singapura
Selain di Lucknow, India, Pavita Ardhani juga berhasil menjuarai lomba matematika tingkat internasional yakni International Mathematic Contest (IMC) 2011 yang digelar di Global Indian School di Singapura pada 30-31 Juli lalu.
“Tidak ada persiapan khusus dalam perlombaan itu, hanya saja saya rutin dan tekun untuk mengikuti bimbingan belajar selama dalam masa karantina di Bogor,” katanya.
Ia mengemukakan, dalam perlombaan tersebut, dirinya membawa pulang medali perunggu dan berhasil menyisihkan ratusan peserta dari berbagai negara di dunia. “Sekali lagi, tidak ada persiapan khusus hanya selama empat hari persiapan, saya memang mencoba untuk mendalami ilmu matematika yang telah diperoleh di sekolah dan juga lebih rutin mengerjakan soal untuk persiapannya di IMC 2011,” katanya.
Siswa yang menyukai ilmu aljabar ini menjelaskan, dirinya berhasil menyabet medali perunggu saat bersaing bersama ratusan peserta dari berbagai negara.
Meski demikian, ia mengaku belum sepenuhnya dapat mengerjakan 18 soal yang diberikan. Dari jumlah soal yang diberikan tersebut, Pavita mengaku kesulitan mengerjakan dua soal uraian yang diberikan. “Saya kesulitan mengerjakan soal uraian. Karena diperintahkan harus menjelaskan secara detail,” katanya.
Sedangkan, untuk sisa soal yakni delapan isian singkat serta delapan pilihan ganda mampu dia selesaikan dengan cepat. Ia menceritakan, waktu 90 menit yang diberikan pun mampu dia gunakan semaksimal mungkin untuk menyelesaikan soal tersebut. “Saya hanya kesulitan mengerjakan soal uraian saja, sedangkan isian singkat dan pilihan ganda bisa saya kerjakan,” kata siswa yang mempunyai hobi membaca itu.
Dia mengungkapkan, saat lomba dirinya memang memfokuskan untuk mengerjakan isian singkat dan soal pilihan ganda. Pasalnya, dua model soal tersebut mempunyai bobot nilai yang cukup tinggi dibandingkan dengan soal uraian yang diberikan.
“Terlebih lagi, materi soal dalam dua model soal tersebut menjadi kegemarannya. Di antaranya, materi bilangan, kombinasi angka serta beberapa rumus kecepatan,” katanya.
Cinta Matematika
Kesuksesan Pavita memperoleh medali di India & Singapura memang tidak terlepas dari kecintaannya pada mata pelajaran hitung-menghitung ini.
Saat menginjak SD pun dia selalu aktif mengerjakan soal matematika baik itu soal dari guru matematika dan soal yang dia cari dalam jaringan (internet). “Minimal sehari mengerjakan dua soal matematika. Jika soal itu sulit, solusinya jangan mudah menyerah dan terus berusaha,” katanya.
Pavita Ardhani di indonesiaproud wordpress comKepala Sekolah SD Muhammadiyah I Krian, Nur Azizah, mengaku senang dengan apa yang prestasi yang diperoleh siswanya ini. “Kami berharap, Pavita akan terus berkarya untuk mempertahankan prestasi matematikanya di sekolah lanjutan kelak, menyusul saat ini Pavita sudah menginjak kelas enam dan akan lulus,” ujarnya.
Humas SD Muhammadiyah I Krian, Hamim Efendi mengaku bangga dengan prestasi anak didiknya yang mampu meraih prestasi di tingkat internasional itu. “Kami berharap, prestasi Pavita dapat diikuti siswa lain. Dan kami juga mempunyai komunitas ‘sains’ untuk menampung siswa-siswa yang gemar pada mata pelajaran tersebut. Diharapkan prestasi dari even nasional dan internasional terus lahir dari bakat dan prestasi siswa,” katanya.
Kurang Perhatian & Penghargaan
Sayangnya, meski telah berhasil mengharumkan nama Indonesia di level dunia, keberhasilan bocah ini kurang mendapat perhatian dari pemerintah setempat. Tidak ada satupun penghargaan atau perhatian khusus kepada sang bocah.
Ironisnya, Dinas Pendidikan Sidoarjo selaku pihak terkait tidak tahu jika ada anak didiknya yang berhasil menjuarai olimpiade matematika tingkat dunia di India.
Sumber: okezone.com, irvanmumtaza.wordpress.com, surabayapost.co.id


Belajar Bahasa Jepang dengan Cepat dan Mudah

 
Bagaimana belajar bahasa Jepang dengan cepat dan mudah ? Gampang kok, coba deh ikutin beberapa tips singkat ini :
1. Cari apa yang kamu suka dari Jepang. Satu hal untuk cepat belajar adalah suka terhadap apa yang kamu pelajari.
Nah, oleh karena itu, coba deh cari apa yang kamu suka dari Jepang, entah itu anime-nya, budaya-nya, kaligrafi-nya, lagu-nya, dll. Kalo udah gitu, insya Allah deh kamu bakalan cepet belajar bahasa Jepang.
Gunakan perasaan kamu bukan pikiran kamu ! Lho kok bisa ? Kata guru saya dulu, " Language is a kind of feeling",
Tingkat pertama memang harus menggunakan pikiran, menghapal huruf hiragana, menghapal kosakata, tetapi tingkat selanjutnya jangan lagi menghapalnya,
2. Gunakan perasaan kamu ! Apakah kamu perlu berpikir dulu dalam bahasa daerah kamu (mis.Sunda) untuk mengatakan sesuatu dalam bahasa Indonesia? Tidak, kan. udah reflek sih..... Begitu juga dengan belajar bahasa Jepang. Jadi konsekuensinya kita masuk tips ke-3.
3. Cobalah untuk tidak menerjemahkan. Menerjemahkan adalah tingkat pertama, tingkat selanjutnya gunakan tips no. 2 : Gunakan perasaan kamu !
4. Tips ini rangkuman dari tipstips sebelumnya dan merupakan jurus pamungkas : Buang ego kamu , Jadilah orang Jepang !! Bukan berarti kamu menjadi orang Jepang beneran, tetapi untuk belajar bahasa Jepang, cobalah mengerti bagaimana orang Jepang sendiri menggu- nakan bahasa Jepang. Tempatkan dirimu pada posisi orang Jepang, buang ego kamu, dan Insya Allah kamu akan bisa
5. Berlatih rutin semua jurus di atas, itu kuncinya.

dari : dedeknanik

Sejarah Sendal

 

Sandal pertama yang diciptakan manusia berasal dari Mesir. Sandal itu terbuat dari kayu dan daun papirus. Untuk mencetak sol sandal, mereka mencetak bentuk kaki di atas pasir pantai.
Setelah era Mesir, sandal generasi kedua adalah milik Yunani. Modelnya disesuaikan dengan kegiatan yang mereka lakukan, seperti untuk jalan-jalan, pesta, atau dipakai di rumah. Sandal bagi bangsa Yunani juga mencerminkan status dan kelas sosial si pemakai.
Sandal generasi ketiga adalah sandal Romawi yang diadopsi dan diadaptasi dari gaya sandal Yunani. Salah satu ciri khas sandal hasil modifikasi Romawi adalah penggunaan bahan kulit, tali pengikat yang dililit sampai betis, dan sol tebal dari kulit.
Dengan sandal model ini (disebut caligae), para prajurit Romawi atau gladiator bisa berperang dengan nyaman dan bebas. Kaum perempuan zaman Romawi umumnya memakai sandal dari kain.
Dalam perkembangannya, alas atau sol sandal dibuat dari gabus. Bagian penutupnya dari kulit yang dijahit dengan bagian atasnya. Bagian jari kaki dibiarkan terbuka, dilengkapi sabuk atau tali agar tak mudah lepas dari kaki pemakai. Sol sandal juga dibuat dari karet, plastik, kayu, ban bekas, anyaman tali, atau anyaman rumput.
Bagian tumit (hak) sandal untuk perempuan umumnya dibuat lebih tinggi daripada bagian depan.
Dalam bentuk paling sederhana, sandal dengan penutup di bagian punggung dan jemari tetapi terbuka di bagian tumit dan pergelangan kaki disebut selop.
Ada pula sandal jepit atau sandal Jepang yang berwarna-warni dan terbuat dari karet atau plastik, dengan tali penjepit berbentuk huruf ”V” untuk menghubungkan bagian depan dengan belakang sandal.
Sandal dari ban bekas disebut sandal bandol. Ini kependekan dari ban bodhol atau ban be
sumber : mudaers

Sejarah Poligami


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg2Jf0sq0LEZ4cCxFvdn7PYBCm-gQ7XkxhIDaVfcZLSm7Zy3k86YF2Wcg7UlA8ybRrK8_XJOz3dYf1imQg82zoqYtwD94hNWEYfWhE5HvKHnFDmEd-pdnzkTnsTg-9BXOdJh-PT9AB3qM0/s1600/klub-poligami-ilustrasi+%25281%2529.jpg
Berpolemik poligami memang mengasikan, bisa membuat terbahak juga jengkel, tapi sejarah juga mencatat, hal tersebut sudah terjadi sejak dahulu. Poligami bagi saya, hanyalah warisan sebuah budaya, bukan ajaran agama !
Catatan sejarah.
Dalam sejarah, Nabi Sulaiman di-riwayatkan mempunyai istri 700 orang dan 300 orang selir. ( Wuiii…. bukan main yaa…). Itu menunjukan poligami sudah ada sejak dahulu kala. Riwayat Nabi Sulaiman tersebut tertulis dalam Perjanjian Lama Kitab Raja Raja Yang Pertama . Bab 11 ayat 1-4. Menurut sejarah beliau mencintai istri istrinya sehingga mengakibatkan hatinya jadi lengah terhadap TUHANnya
Henri Hallam dalam bukunya CONSTITUTIONAL HISTORY of ENGLAND, jilid I halaman 68, antara lain mengatakan

Kaum reformer jerman yang terdiri dari pemuka Nasrani mengakui sahnya perkawinan dengan istri ke dua dan ke tiga bersama istri pertama. Keputusan itu dilaksanakan hingga abad ke 16 Masehi
Tiga abad kemudian SHOPENHAUER memuji sekte Marmons, sebuah sekte yang ber-afiliasi pada Gereja The Church of Jesus Christ of Latter day Saint, didirikan oleh Joseph Smith di tahun 1830 M. Sebuah Gereja yang menyeruhkan : “ Keterikatan pria kepada seorang istri adalah soal yang tidak wajar “.
Edward von Hartman, sarjana Jerman dalam bukunya yang berjudul Philosophie des Unbewussen mengetengahkan pendapat yang sama dengan pendapat Shopenhauer. Ia mengatakan naluri alamiah lelaki cenderung pada poligami, sedang kan naluri alamiah wanita cenderung pada monogami
ARAB – ROMAWI – ATHENA – PERSIA dan SPARTA.
Jaman dahulu (sebelum Islam) di Arab, seorang lelaki dapat mempunyai istri dua puluh, tiga puluh, bahkan seratus istri atau lebih banyak lagi, terutama jika ia seorang raja ( ingat raja raja di Jawapun mempunyai banyak istri dan selir selir ), seorang bangsawan atau hartawan. Keadaan saat itu di Arab tidak jauh beda dengan masyarakat Romawi dalam abad 7 M, jaman kaum wanita dipandang sebagai barang milik kaum pria, dan dapat diperlakukan sebagaiamana kemauan kaum pria. Bahkan anak anak yang dilahirkan bukan dari istri pertama, akan diberi nama nama buruk, diperlakukan sebagai anak haram, tidak berhak mewarisi harta peninggalan Ayahnya, dan oleh masyarakat dipandang sebagai manusia yang hina dan najis ( Lihat: The Spirit of Islam ).
Dijaman nabi Dawud.a.s, beliau juga mempunyai istri banyak. Sejumlah kaum yahudi ahli di bidang agamanya menganjurkan agar setiap pria beristri tidak lebih dari empat orang. Tapi golongan yahudi QURRA (salah satu golongan dalam masyarkat yahudi) tidak mengakui keabsahan pembatasan jumlah istri. Alasannya, karena agama Bani Israil membolehkan seorang lelaki mempunyai istri berapa saja tanpa batasan.
Di masayarakat Persia (masa sebelum Islam) ada penghargaan pada lelaki yang mempunyai istri lebih dari satu. Di benua Eropa dan Asia, poligami merupakan tradisi yang sudah tersebar. Masyarakat Yunani berperadaban tinggi memandang istri sebagai milik suami, dan berhak menjual istrinya sebagai budak kepada lelaki manapun.
Dikalangan masyarakat Athena , kaum wanita bahkan dianggap sumber dosa dan malapetaka bagi kaum pria. Wanita tidak boleh mengerjakan apapun selain melayani suami dan melahirkan anak.
Masyarakat Sparta Tidak membolehkan lelaki mempuyai istri lebih dari seorang, kecuali dalam keadan tertentu. Sebaliknya wanita wanita boleh mempunyai suami lebih dari seorang.
ISLAM TIDAK MENETAPKAN POLIGAMI, tapi MEMBATASI jumlah istri.
“ Dan jika kalian takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak hak) perempuan yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita wanita (lain) yang kamu senangi, dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka kawinilah seorang saja, atau seorang hamba perempuan yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah yang lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya (akan terjauh dari penyelewengan) “. QS. An-Nisa:3.
Ayat tersebut jelas menetapkan pembatasan jumlah istri, yaitu tidak boleh lebih dari empat istri,( karena orang Arab pada jaman dulu bisa beristri banyak, apalagi bagi orang yang berkuasa, mereka mempunyai HAREM ) dan dengan sarat harus berlaku adil. Namun keadilan dalam hal ini adalah amat sukar, oleh sebab itu Allah mengingatkan dengan fimanNya
“ Dan kalian tidak akan sanggup berlaku adil terhadap istri istri kalian, kendati kalian sendiri ingin berbuat demikian. Karena itu janganlah kalian terlalu condong (kepada yang kalian senangi) hingga yang lain kamu biarkan terkatung katung…. “QS. An-Nisa:129.
Setiap orang yang berpikir adil dan tidak fanatik dan mengenal sejarah agama agama, ia pasti berkata jujur bahwa Muhammad SAW tidak datang membawa adat atau sistem poligami kepada bangsa arab dan bangsa bangsa lain di dunia. Sebagaimana sejarah menuliskan, poligami adalah adat atau tradisi yang telah membudaya dikalangan bangsa bangsa Barat dan Timur sejak berpuluh puluh abad sebelum Islam. Sejarah membuktikan, justru Islamlah yang menetapkan pembatasan istri yang boleh dipunyai oleh kaum lelaki. Disertai sarat sarat yang tidak mudah dilaksanakan. Jelas Islam tidak menciptakan sistem poligami, tapi membatasi dan mengaturnya.
Alasan sunnah Nabi.
Dari catatatan sejarah diatas sangat jelas menggambarkan bahwa poligami bukanlah sesuatu yang aneh sejak jaman dulu. Bahkan di beberapa benua, wanita dianggap makluh yang kurang berharga. Tapi semua itu tidak berlanjut sampai saat ini, sejarah mencatat perubahan perubahan itu, dimana pada saat kini wanita bisa memilih. Memilih pasangannya, memilih apa yang disukai dan apa yang tidak disukai Masalah mau di poligami, saya kira itu adalah masalah suka sama suka. Terserah pribadi masing masing.
Yang masih saya sayangkan, masih ada sebagian umat muslim membawa-bawa nama Nabi untuk berlaku poligami, dengan alasan sunnah Nabi. Saya merasa malu dan benar-benar tidak setuju, kalau hal semacam itu dinamakan sunnah Nabi. Nabi memang beristri lebih dari satu. Tapi ketahui dulu masalahnya, kenapa Nabi beristri lebih dari satu. Palajari sejarahnya, jangan hanya diambil gampang dan enaknya saja. Kalau mau meniru sunnah Nabi, tirulah perilakunya, bukan perkawinannya.
Pada jaman dulu orang Arab hidup dalam kelompok-kelompok atau kabilah-kabilah. Orang yang tidak tercakup dalam satu kabilah, maka dia tidak ada pelindung. Sebab antar kabilah pada jaman dulu masih sering berperang. Janda-janda yang ditinggal mati suaminya serta yang tidak ada pelin
sumber : satriafq

Bahaya Keseringan Ngupil



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBEE0GwkiDITZx5Tt1LZUu2Q5O-uk4jCTb8QNxoaHSGNjzihOHnO3-KinMednz8owkx4gMGVV-EL3oavj-SiEzb9WF4ncftnPnimX4IBd2s4g5At0cmu-IGRZPiGl74J-QMHCWx-JMaTeR/s1600/ngupil.jpg

Bagi beberapa orang mengupil adalah kegiatan yang mengasyikkan atau menyenangkan. Tapi mengupil terlalu sering ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan dan tubuh seseorang.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh tim peneliti dari Wisconsin dengan melibatkan 200 partisipan, diketahui bahwa rata-rata seseorang mengupil sebanyak 4 kali sehari yang dilakukan saat sedang senggang atau santai.

Mengupil adalah kegiatan yang positif karena membantu membersihkan hidung dari kotoran atau benda asing yang masuk dengan menggunakan jari. Meskipun kegiatan yang umum, tapi bagi budaya tertentu cenderung tabu karena bisa menimbulkan perasaan jijik dan geli.

Upil yang ada di hidung sebenarnya terbentuk dari lendir yang mengering. Membran mukosa di rongga hidung akan terus menerus menghasilkan lendir basah yang berfungsi menghilangkan debu dan benda-benda asing lainnya yang masuk ke hidung. Lendir yang mengering ini akan menyebabkan sensasi iritasi yang kadang menimbulkan rasa gatal dan memicu orang untuk mengupil.

Seperti dikutip dari eHow, ada beberapa alasan yang membuat seseorang harus mengupil, yaitu: http://anehdidunia.blogspot.com

Sedang bengong atau memikirkan sesuatu
Penyebab paling umum orang mengupil terjadi ketika seseorang sedang tidak memikirkan apa-apa, bingung atau bosan. Tindakan ini hampir sama dengan kebiasaan menggigit kuku atau mengisap jempol, karenanya tak jarang orang tanpa sadar melakukannya di depan umum.

Menghilangkan iritasi
Hidung memiliki kecenderungan menjadi kering dan teriritasi oleh hal-hal seperti alergi, bahan kimia dan polusi udara. Saat hidung mengalami iritasi, maka akan timbul rasa gatal dan keinginan untuk menggaruk melalui cara mengupil.

Untuk menghilangkan sekresi hidung
Ketika sedang pilek, infeksi sinus dan alergi bisa menyebabkan sekresi hidung atau lendir meningkat. Sekresi ini seiring waktu akan mengering yang membuat seseorang sulit bernapas. Karenanya seseorang akan mengupil untuk membuat napasnya lega dan menghilangkan penumpukan lendir.

Gangguan obsesif-kompulsif
Salah satu tanda gangguan obsesif kompulsif adalah suka mengupil yang disebut dengan rhinotillexomania. Mengupil dilakukan untuk meringankan perasaan-perasaan negatif yang mengganggu pikirannya, karenanya seringkali ia mengupil di depan umum dan tidak melihat kondisi di sekitarnya. Orang dengan gangguan ini membutuhkan bantuan medis atau psikolog.

Satu hal yang pasti adalah selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah mengupil, memotong kuku dan jangan menarik upil terlalu keras agar tidak melukai lapisan di dalam hidung.

Tapi jika seseorang terlalu sering mengupil bisa menyebabkan hidung menjadi kering yang dapat memicu perdarahan. Hal ini karena secara alami hidung tetap membutuhkan pelumas setiap saat untuk mencegahnya dari kekeringan. http://anehdidunia.blogspot.com

Sedangkan jika seseorang jarang mengupil, maka lendir yang bercampur dengan kotoran tersebut akan semakin mengeras yang menghambat pernapasan (sulit bernapas) serta membuat hidung tidak lagi bisa efektif menyaring benda-benda asing dari luar.

Akibat keseringan mengupil adalah:

1. Mudah terkena flu
Virus flu bisa melewati selaput lendir yang salah satunya terdapat di dalam hidung. Memasukkan jari-jari yang terkontaminasi virus ini ke dalam hidung bisa menyebabkan seseorang terkena flu yang disebabkan oleh diri sendiri. Dalam beberapa hari ke depan, seseorang bisa saja mengalami flu, tenggorokan gatal dan serangan bersin-bersin.

2. Mimisan
Jika terlalu sering mengupil atau mengupil dengan keras bisa menyebabkan kerusakan pada lapisan di hidung yang berfungsi melindungi tubuh dari bakteri dan benda-benda asing di udara, sehingga memicu terjadinya mimisan.

3. Infeksi
Selain infeksi virus flu, terlalu sering mengupil menyebabkan kuman dan bakteri lebih mudah masuk ke hidung dan menyebar ke bagian tubuh lain.

4. Merontokkan rambut hidung
Ketika mengupil secara konsisten dna terus menerus akan menyebabkan rambut hidung rontok. Padahal rambut ini memiliki fungsi penting untuk menyaring debu dan polutan di udara. Tanpa rambut hidung akan membuka jalan bagi semua jenis penyakit dan infeksi masuk ke dalam tubuh.

5. Bisa meninggal
Kondisi ini bisa terjadi jika seseorang berusaha mengeluarkan upil yang besar. Karena di dalam hidung ada tulang yang disebut tulang ethmoid, tulang ini memisahkan hidung dari otak. Jika saat mengupil seseorang menusuk tulang ini, maka cairan di otak bisa bocor yang menyebabkan meningitis.

Copyright © / Pohon Pensil

Template by : Urangkurai / powered by :blogger